Selasa, 22 Maret 2011

WiFi Dan WiMAX

Wi-Fi
Apa kah itu wifi
            Tentu Kita Tidak Asing Lagi mendengar kata wifi ,karena dizaman yang serba modern ini dan kemajuan teknologi yang berkembang bgitu cepat.istilah wifi adalah bagaimana kita bisa mengakses internet dengan menggunakan notebook yang tersedia fasilitas wifi disin saya akan menerangkan tentang wifi .
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g,
Manfaat menggunkan wifi adalah bagi kalangan perusahan dan univeristas sangat menguntukan karna dengan memasng wifi instansi tersebut bisa mendapatkan kelebihan .wifis sekarmg mudah kita temui dari perusahan besar sampai warung dan restoran pun menyediakn fasilitas wifi dengan gratis .memang banyak sekali keuntungan meggunakn wifi.

WiMAX
Berbicara tentang wimax tentu kita asing mendengarnya,di Indonesia ,karena memang wimax merupakan kemajuan teknologi wireless nirkabel ,wimax merupakn tingkatan dari wifi Karen wimax jarak jangkauannya sangat jauh dibandingkan wifi .
WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas tapi  tetap dapat mengakses Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.
Wi Max Standar BWA yang saat ini umum diterima dan secara luas digunakan adalah standar yang dikeluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE), seperti standar 802.15 untuk Personal Area Network (PAN), 802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity
PT. Firstmedia Tbk. Sitra WiMAX akan melayani 4G Wireless Broadband pertama di Indonesia yang masih .
Manfaat Membangun Jaringan LAN (Local Area Network)
WiMAX salah satu teknologi memudahkan mereka mendapatkan koneksi Internet yang berkualitas dan melakukan aktivitas. Sementara media wireless selama ini sudah terkenal sebagai media yang paling ekonomis dalam mendapatkan koneksi Internet. Area coverage-nya sejauh 50 km maksimal dan kemampuannya menghantarkan data dengan transfer rate .


Perbedaan WiFI dan WiMAX
Perbedaan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.



Referensi:
Wikipedia..org/wifi
Wikipedia.org/wimax
www.whatiswimax.info - sitra wimax dari pt. First media tbk; the first indonesian 4g wimax operator
Httpid.answers.yahoo.comquestionindexqid=20090209203150aaszsv5